Bercinta Sebabkan Stroke?


TEMPO InteraktifJakarta – Peneliti memperingatkan serangan stroke bisa terjadi tiba-tiba pada setiap orang di usia tua, dewasa hingga remaja. Kini penyakit yang menyerang jaringan otak ini menempati urutan tiga sebagai penyakit yang paling mematikan.

Sebuah penelitian terbaru mendapatkan bukti menarik tentang penyebab stroke. Selain pola hidup tidak sehat, ternyata ada sejumlah aktivitas favorit manusia yang bisa meningkatkan serangan stroke. Aktivitas itu adalah minum kopi, bercinta, marah, minum minuman bersoda, terkejut, olahraga berlebihan hingga membuang ingus. Setidaknya itulah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam “Stroke”, Journal of American Heart Association belum lama ini. 
“Terlihat tidak berbahaya, tapi semua memicu peningkatan mendadak tekanan darah,”kata Monique Vlak, kepala penelitian dalam Daily Mail, Kamis 5 Mei 2011.

Kesimpulan penelitian ini diperoleh dari jawaban para penderita stroke. Mereka ditanya tentang kebiasaan-kebiasaan tertentu. Ternyata para penderita stroke memiliki kebiasaan unik, seperti minum kopi, bercinta, marah, minum bersoda, terkejut, olahraga berlebihan hingga membuang ingus.

Berikut ini peringkatnya:

1. Minum kopi picu risiko stroke 10,5 persen.
2. Olahraga berlebihan picu risiko stroke 8 persen.
3. Buang ingus 5,5 persen.
4. Bercinta 4,5 persen
5. Minuman bersoda 3,5 persen
6. Terkejut 2,5 persen
7. Marah 1,5 persen

Lalu bagaimana cara mencegah stroke? Sejumlah peneliti menyarankan setiap orang rutin memeriksa tekanan darahnya. Bila tekanan darah lebih dari 140/90, artinya Anda harus berusaha menurunkannya. Satu cara yang ampuh mencegah penyakit ini adalah menjalankan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s