Cara Aman Turunkan Kolestrol dalam Darah


Semua kolesterol yang diperlukan oleh tubuh diproduksi oleh hati. Namun, jika berlebihan dapat membahayakan kesehatan jantung.

Gaya hidup tampaknya semakin berperan penting dalam menopang kesehatan seseorang dalam jangka panjang. Maraknya makanan cepat saji, penerapan pola makan yang salah, sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan terutama kadar kolestrol dalam darah.

Kelebihan kolesterol yang terdapat di dalam darah datang dari makanan yang mengandung kolesterol yang kita konsumsi, misalnya (hati, otak, limpa), kuning telur, krim dan mentega .

Di negara yang makmur, rata-rata tingkat kolesterol dalam darah melebihi 200 mg per dl, sementara tingkat yang ideal adalah kurang atau maksimal 200 mg per dl .

Semakin tinggi kadar kolesterol (hypercholesterolemia), peluang timbulnya penyakit jantung koroner (coronary heart disease) yang disebabkan timbunan plak pada pembuluh darah, akan semakin besar.

Menurut World Heart Federation, baik pria maupun wanita memiliki resiko yang sama terhadap resiko penyakit jantung dan stroke.

“Sebab itu, sangatlah penting untuk mencegah timbulnya kolesterol tinggi di dalam darah, yang dapat ditempuh dengan banyak cara seperti pengaturan pola makan sehat serta dibantu konsumsi penurun kolesterol yang aman bagi tubuh,” kata DR. dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHA, FAsCC.

Saat ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan, banyak penelitian telah dilakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol melalui bahan-bahan alami.

Prof. Helena Gylling, MD, PhD, seorang peneliti senior dari University of Kuopio, Finland, melakukan serangkaian penelitian terhadap khasiat Plant Stanol Ester (PSE).

PSE merupakan golongan tumbuhan (phytosterol) yang terdapat dalam sejumlah tanaman, diantaranya kedelai, sayuran, jagung dan gandum. Struktur PSE yang menyerupai kolesterol akan membantu mengikat garam empedu pada saluran pencernaan, sehingga menghambat penyerapan kolesterol dari makanan.

“Dari penelitian yang telah saya lakukan, terbukti secara klinis adanya penurunan kadar kolesterol total hingga 8%, kolesterol LDL (Jahat) hingga 11% setelah mengkonsumsi PSE selama 1-2 minggu,” ujar Prof. Helena.

Sementara itu, Di negara-negara maju saat ini, selama 30 tahun PSE telah sangat dianjurkan sebagai bagian integral dari diet dan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol (US National Cholesterol Education Program, 2002).

Kelebihan Plant Stanol Ester tidak hanya sampai di situ. Kandungan di dalamnya dapat mengaktifkan transporter protein pada dinding usus, sehingga kolesterol yang terserap dinding usus dapat dikeluarkan melalui feses.

Berdasarkan European Journal of Clinical Nutrition, Januari 2009, Plant Stanol Ester (PSE) merupakan satu dari 10 penemuan terbaik di bidang nutrisi dalam 30 tahun terakhir dan telah dikonsumsi di lebih dari 30 negara.

Di negara maju (Amerika dan Eropa), konsumsi PSE dianjurkan sebagai bagian integral dari diet dan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol (US National Cholesterol Education Program, 2002).

Kalbe Nutritionals yang selalu peduli terhadap gaya hidup, bergerak dalam bidang nutrisi dan memiliki visi untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat Indonesia (We Provide Wellness to Millions) dengan menyediakan nutrisi untuk setiap tahap kehidupan manusia.

Kalbe menawarkan produk susu pertama yang mengandung bahan-bahan herbal yang secara klinis terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

“Produk Nutrive Benecol adalah minuman susu dengan sari buah (smothie) dari Kalbe Nutritionals yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE) untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol. Nutrive Benecol merupakan hasil pengembangan teknologi antara Kalbe Nutritionals dengan Raisio Benecol dari Finlandia,” tegas Diny Elvirani, Head of Business Unit Nutrition for Special Needs, Kalbe Nutritionals.

Tersedia dalam dua varian rasa yaitu blackcurrant dan strawberry, produk Nutrive Benecol dapat dikonsumsi terutama oleh mereka yang ingin menurunkan maupun menjaga kadar kolesterol.

Nutrive Benecol merupakan inovasi baru yang dikemas dalam on-the-go drink smoothies (susu rasa buah), sehingga mudah, efisien dan praktis dalam menurunkan kolesterol serta menjaga kesehatan.

“Agar tingkat kolesterol terjaga, sebaiknya juga berolahraga secara teratur dan memperhatikan pola makan. Dengan memelihara pola hidup yang sehat, kita akan mampu mengendalikan tekanan darah sekaligus kadar kolesterol,” kata dr. Widjaja Lukito, PhD, SpGK. [mor-inilahdotcom]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s