Stres Pekerjaan dan Risiko Serangan Jantung


Jangan pernah anggap sepele stres akibat pekerjaan. Riset terbaru mengungkapkan bahwa stres pekerjaan dapat memiliki konsekuensi yang serius bagi kesehatan jantung.

Wanita yang memiliki tekanan pekerjaan yang tinggi diketahui beresiko 67 persen untuk mengalami serangan jantung, dan 38 persen lebih mungkin untuk mengalami stroke atau hipertensi ketimbang wanita dengan tekanan pekerjaan yang rendah.

“Stres yang kita bicarakan di sini adalah stres yang melebihi kapasitas tubuh untuk mengelola atau beradaptasi dengan tepat,” kata peneliti Dr Michelle Albert, dari Brigham and Women Hospital, Boston.

Peneliti mengatakan bahwa hasil penelitian ini kembali menegaskan tentang riset sebelumnya yang juga telah menemukan hubungan antara stres di tempat kerja terhadap implikasi penting bagi kesehatan. Temuan ini dipublikasikan secara online pada 18 Juli dalam journal PLoS ONE.

Dalam pengamatannya, peneliti menggunakan data dari Women Health Study,  melibatkan lebih dari 22.000 wanita yang berprofesi di bidang kesehatan di AS, yang dilacak selama periode 10 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan meskipun wanita memiliki tingkat kontrol yang tinggi terhadap pekerjaan, mereka ternyata masih mengalami tekanan dan risiko masalah kesehatan. Hal ini berbeda dengan temuan sebelumnya yang mengatakan bahwa memiliki kontrol terhadap pekerjaan membantu mengurangi stres.

Albert mengatakan, memiliki banyak kontrol atas pekerjaan menunjukkan bahwa seseorang telah mencapai tingkat tertentu dari otoritas, seperti manajemen atau posisi eksekutif. Jabatan yang tinggi mungkin akan mempengaruhi tekanan dalam pekerjaan yang berdampak pada masalah kesehatan.

Para peneliti mengatakan bahwa peserta studi kebanyakan adalah orang berkulit putih, dan karena itu hasilnya mungkin berlaku pula untuk kelompok lain. (KompasDotCom)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s